7 Frasa Bahasa Turki Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Nonton Film Serial Turki

Bahasa Turki itu unik dan mungkin bisa dibilang lucu bagi yang belum terbiasa, dan ada beberapa kata yang memang tidak bisa langsung diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Di kesempatan kali ini admin akan menjelaskan sedikit soal idiom atau ungkapan khas dari bahasa Turki, terutama yang suka nonton film serial Turki wajib banget untuk tahu idiom-idiom ini, ataupun yang berencana mau jalan-jalan ke Negara Dua Benua tersebut pasti kalian akan temui ungkapan khas ini.

1.  Çok Yaşa
Ungkapan çok yaşa artinya “semoga panjang umur”. Frasa ini diucapkan saat ada seseorang yang bersin. Masyarakat Turki tidak selalu menunggu hari ulang tahun untuk mengucapkan semoga panjang umur, setiap ada yang bersin mereka selalu bilang “çok yaşa”. Kemudian yang orang bersin-nya akan menjawab “sen de gör” yang bisa diartikan “semoga kau ada di sana (surga) bersamaku”.

2.  Hoş Geldiniz
Secara harfiah Hoş Geldiniz memiliki arti “Senang kamu datang”. Bisa juga diartikan “Selamat datang” dalam bahasa Indonesia. Ini diucapkan ketika ada seseorang yang berkunjung, misalnya saat pemilik rumah kedatangan tamu. Frasa Hoş Geldiniz dijawab dengan “Hoş Bulduk” yang artinya setara dengan “Senang berada di sini”.

3.  Buyurun!
Ketika kalian berkunjung ke Turki, kalian akan mendengar kata ini di segala tempat. Sebenarnya ini sebuah kata universal yang berarti “Silahkan”, “Mari”, “Silahkan duduk”, “Ada yang bisa ku bantu?” itu semua bisa diungkapkan dalam kata “Buyurun” sesuai dengan konteks apa yang digunakan.

4.  Kolay Gelsin
Kalian bisa gunakan frasa ini ketika melihat siapa pun yang sedang bekerja. Secara harfiah frasa ini mempunyai arti “Semoga kemudahan datang padamu”. Kalian juga bisa ucapkan “kolay gelsin” ketika lihat kawan yang sedang belajar untuk ujian sebagai doa agar dimudahkan urusannya.

5.  Geçmiş Olsun
Geçmiş olsun mempunyai arti “Semoga cepat berlalu”. Diucapkan kepada orang yang sakit, sedang terkena musibah atau segala macam kesulitan. Bisa dijawab dengan “sağ ol” atau “sağ olun” yang artinya “terimakasih”.

6.  Afiyet Olsun
Secara harfiah artinya “Semoga kesehatan menyertaimu”. Kita ucapkan ini ketika kita menyajikan makanan pada seseorang atau banyak orang, dengan harapan makanan yang kita sajikan menyehatkan dan membawa keberkahan. Biasanya di restoran-restoran Turki si pelayan akan mengucapkan ini ketika menyajikan pesanan pengunjung atau jika kalian bertamu ke rumah orang Turki lalu dihidangkan makanan, maka yang menyajikannya akan bilang “afiyet olsun”.

7.   Ellerinize Sağlık

Kalau tadi yang orang menyajikan bilang “afiyet olsun”, maka orang yang dihidangkan mengucapkan “ellerinize sağlık”. Frasa ini artinya “Semoga tangan-tanganmu sehat”. Jadi yang menghidangkan dan yang dihidangkan kedua-duanya mendapatkan kesehatan. Orang-orang Turki juga dikenal dengan sikap ramahnya sama seperti orang Indonesia.

+2

Comments

  1. Arti eyvallah apa ya min

    0
    1. Izin jawab ya, eyvallah itu sama kaya teşekkür ederim, cuma jawabnya nanti eyvallah juga *tangannya sambil megang dada gt

      0
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *